Tugas dan Tujuan
Tujuan Jangka Panjang
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja, berwirausaha dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
- Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
Tujuan Jangka Menengah
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
- Menyusun beban belajar bagi peserta didik dengan program keahlian yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
- Membekali peserta didik dengan ketrampilan, berfikir kreatif, kritis dan mandiri
- Membekali peserta didik dengan penguasaan literasi dasar
- Memfasilitasi peserta didik untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.
Tujuan Jangka Pendek
- Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
- Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
- Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Mendorong peserta didik mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Proses belajar yang menyenangkandan berkualitas
- Mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar.
- Mengelola proses belajar mengajar peserta didik dengan standar gerakan sekolah menyenangkan (GSM).
- Keahlian berfikir kreatif, kritis, dan mandiri
- Mengintegrasikan project based learning pada setiap mata pelajaran.
- Memfasilitasi peserta didik menghasilkan produk kreatif dari project based learning.
- Melaksanakan proses asesmen secara berkesinambungan
- Penguasaan literasi dasar
- Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
- Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
- Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
- Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMK
- Memfasilitasi peserta didik untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
- Menangani peserta didik yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
- Lomba Kompetensi Siswa
- Membekali pelajar dengan pengetahuan tata cara pembuatan karya siswa melalui proyek Profil Pelajar Pancasila.
- Memfasilitasi pelajar menghasilkan karya siswa sesuai dengan minatnya.